3 Buah Untuk Pemulihan Operasi Caesar Agar Badan Cepat Pulih
Blog,  Pemulihan Operasi Caesar

3 Buah Untuk Pemulihan Operasi Caesar Agar Badan Cepat Pulih

Buah untuk pemulihan operasi caesar serta makanan untuk penyembuhan pasca operasi caesar guna mempercepat penyembuhan setelah sesar harus Anda perhatikan sebaik mungkin.

3 Buah Untuk Pemulihan Operasi Caesar Agar Badan Cepat Pulih

Tubuh Anda membutuhkan lebih banyak waktu untuk pulih daripada setelah persalinan. Selama waktu ini tubuh Anda membutuhkan nutrisi yang tepat dan cukup yang sangat penting bagi Anda dan bayi Anda sekarang karena Anda sedang menyusui. 

Buah Setelah Operasi Dalam Upaya Pemulihan Setelah Caesar

Buah – buahan dengan vitamin A dan C agar sering dikonsumsi guna menjaga nutrisi Anda setelah operasi caesar agar cepat pulih. Kondisi Anda agar cepat sembuh tergantung dengan nutrisi apa yang dikonsumsi.

  • Buah jeruk baik untuk dikonsumsi karena mengandung vitamin C dan dengan mengonsumsi 100 gram jeruk manis sejatinya Anda sudah memenuhi 75% hingga 88% kebutuhan vitamin C Anda. Vitamin C banyak terdapat did aging buah dan kulit ari yang melapisinya serta bagian kulit jeruk. Tingginya asupan vitamin C telah terbukti pada berbagai studi dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Karena, vitamin C mampu melindungi peradangan pembuluh darah yang dapat menyebabkan penyakit jantung.
  • Strawberry kandungan vitamin C dalam buah ini cukup tinggi, bahkan kadarnya bersaing dengan buah jeruk. Vitamin C atau yang terkenal juga dengan sebutan asam sitrat atau asam askorbat dalam 1 porsi ( 8 biji ) buah strawberry diketahui lebih tinggi dari buah jeruk. Fungsi vitamin ini adalah untuk memelihara jaringan sel pada tubuh, menjaga kesehatan gigi dan gusi, serta mempercepat proses penyembuhan luka.
  • Delima nutrisi penting lain, yang terkandung dalam buah delima adalah vitamin, seperti vitamin A, B3 (niasin), B9 (asam folat), C, dan E. Bahkan, rata-rata delima mengandung sekitar 40 persen vitamin C harian yang direkomendasikan untuk orang dewasa.

Makanan Yang Tidak Boleh Dimakan Setelah Operasi Caesar

Makanan yang tidak boleh dimakan setelah operasi caesar dan yg dikonsumsi pasca sesar apa saja? Hindari menelan makanan dengan cepat, luangkan waktu untuk mengunyahnya perlahan. Mungkin sulit bagi Anda untuk memiliki makanan yang santai sambil memiliki bayi baru lahir, tetapi Anda dapat meminta anggota keluarga untuk merawat bayi Anda selama beberapa waktu. Makanan pedas, santan, asin dan sulit untuk dicerna agar dihindari supaya luka cepat kering.

Makanan Mempercepat Penyembuhan Luka Operasi Caesar

Meningkatkan kadar zat besi Anda penting untuk menghindari anemia pascapartum, yang dapat menyebabkan kelelahan berlebihan, iritabilitas dan bahkan mempengaruhi kualitas dan kuantitas ASI Anda

Jika Anda menduga Anda mengalami kadar zat besi yang rendah, bicarakan dengan dokter Anda dan mereka akan meresepkan suplemen zat besi atau tablet hormon, tergantung pada seberapa parah situasi Anda. Di rumah, sertakan lebih banyak makanan kaya zat besi ke dalam diet Anda seperti, daging merah, ikan, unggas, kacang-kacangan, buah kering, dan sayuran hijau. 

Baca Juga : 7 Makanan Pemulihan Operasi Caesar Agar Luka Cepat Kering

Ini juga ide yang baik untuk memasukkan beberapa probiotik ke dalam diet Anda karena akan meningkatkan kesehatan pencernaan Anda dan dapat mencegah sembelit pasca melahirkan. 

Dosis probiotik yang teratur juga akan membantu tubuh Anda memaksimalkan penyerapan nutrisi dari makanan yang Anda makan. Untuk memulainya, sertakan ramuan kaya probiotik seperti yogurt tanpa rasa, miso, acar, tempe, kimchi dan teh kombucha ke dalam diet Anda.

Buah Penyembuh Luka Operasi Caesar

Buah penyembuh luka operasi sesar untuk dikonsumsi pasca caesar guna mempercepat penyembuhan luka operasi. Makanan dengan vitamin A, seperti buah jeruk, strawberry dan sayuran, dan sayuran berdaun hijau gelap. Makanan dengan vitamin C, seperti buah jeruk, cabai, tomat, strawberry, melon, dan brokoli.

Buah Yang Bagus Pasca Operasi Caesar

Buah yang bagus pasca operasi caesar untuk ibu serta makanan yang baik untuk dikonsumsi baik setelah sesar. Mungkin nutrisi yang paling penting dalam diet pasca operasi caesar Anda adalah vitamin dan mineral. 

Vitamin A (ditemukan dalam sayuran hijau oranye dan gelap seperti wortel, ubi jalar, kale dan bayam) dan vitamin C (ditemukan dalam buah jeruk, kentang, tomat, melon, dan paprika manis) membantu penyembuhan luka. 

Vitamin D (ditemukan dalam susu, ikan, telur, dan sereal yang diperkaya) meningkatkan kesehatan tulang. Vitamin E (ditemukan dalam minyak sayur, kacang, hati sapi, susu dan telur) melindungi tubuh dari radikal bebas. Vitamin K (ditemukan dalam sayuran berdaun hijau, ikan, hati dan minyak sayur) diperlukan untuk pembekuan darah.

Makanan Agar Luka Operasi Caesar Cepat Kering

Penelitian ilmiah telah mengungkapkan wawasan besar tentang apa yang dapat menyebabkan  penundaan penyembuhan luka  dan bagaimana nutrisi dan vitamin tertentu dapat mempercepat penyembuhan luka. 

Makan makanan yang kaya protein adalah salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk membantu menyembuhkan luka Anda.

1. Kacang

Kacang adalah salah satu sumber protein yang paling melimpah. Anda dapat memasukkan kacang, kacang hitam, dan kacang polong ke dalam diet Anda dengan menambahkan sekaleng pilihan Anda untuk pasta, makaroni, atau sup .

2. Kacang-kacangan

Seperti kacang, kacang polong, kacang adalah sumber protein yang sangat baik . Kacang tanah, kacang mete, dan kacang almond semuanya memiliki protein dalam jumlah tinggi. Anda dapat mengemil ini sepanjang hari untuk meningkatkan proses penyembuhan luka. Beberapa toko menjual kacang dalam jumlah besar dari tempat sampah, jadi Anda dapat membeli beberapa pon setiap jenis kacang kesukaan Anda. Ini kebiasaan yang lebih sehat daripada beralih ke keripik atau pretzel ketika Anda menginginkan camilan.

3 telur

Telur merupakan sumber protein serbaguna karena dapat dimasukkan ke dalam sebagian besar hidangan , termasuk casserole, salad, dan pasta. Telur menawarkan cara yang mudah dan efektif untuk membuat makanan tinggi protein untuk penyembuhan luka ke dalam diet Anda. Sementara telur adalah sumber protein yang baik, kuning telur mengandung kolesterol tinggi, jadi moderasi asupan Anda jika Anda memiliki masalah kesehatan yang berhubungan dengan jantung.

4. Ayam

Ayam adalah salah satu protein daging sehat. Ini juga merupakan makanan serbaguna yang dapat disiapkan dengan hampir semua cara. Ini dapat digunakan dalam sup, rebusan, atau disiapkan sebagai hidangannya sendiri. Belilah beberapa dada ayam tanpa tulang, panggang di oven, dan Anda memiliki makanan berprotein tinggi yang mudah.

5. Susu

Minum susu adalah salah satu cara terbaik untuk memperkuat tubuh Anda. Jika Anda memiliki intoleransi laktosa atau tidak menyukai susu sapi, Anda memiliki beberapa alternatif kaya protein untuk dipilih: Susu kedelai, susu almond, dan santan memiliki protein tinggi. Anda dapat membuat kebiasaan memiliki sereal setiap pagi atau mencoba minum segelas beberapa kali sepanjang hari.

6. Suplemen Protein

Jika Anda tidak bisa makan makanan lain pada daftar ini, Anda pasti dapat bekerja suplemen protein ke dalam diet Anda. Ada beberapa jenis suplemen protein yang dapat dipilih yang akan memberi keajaiban bagi waktu penyembuhan luka Anda:

  • Protein hewani
  • Protein kedelai
  • Protein nabati

Yang Anda butuhkan adalah secangkir air atau susu dan campuran satu sendok atau dua bubuk untuk mendapatkan dosis protein yang sehat setiap hari.

Tubuh Anda membutuhkan jumlah protein yang tinggi agar berhasil sembuh dari luka. Mendapatkan protein yang cukup bisa sulit jika Anda memiliki alergi atau masalah makanan, tetapi dengan mengonsumsi berbagai macam makanan yang kaya protein untuk penyembuhan luka setiap hari, Anda akan berada di jalur yang benar. Jika Anda mengonsumsi makanan tinggi protein, tetapi memiliki luka yang lambat untuk sembuh atau bahkan semakin parah, kunjungi dokter Anda segera untuk opsi perawatan lanjutan.

Makanan Yang Harus Dihindari Setelah Operasi Caesar

Anda harus menghindari semua makanan berlemak dan junk karena aktivitas fisik Anda rendah setelah operasi sesar. Mereka mungkin hanya menambah berat badan Anda. Hindari makanan pedas karena dapat menyebabkan masalah lambung. Selain itu, bayi Anda juga akan menerima rasa di dalam susu.

Berikut beberapa jenis makanan yang mungkin Anda hindari:

  • Minuman berkarbonasi yang dapat menyebabkan gas dan perut kembung harus dihindari.
  • Jus jeruk harus diambil dengan hati-hati. Anda awalnya dapat mengambil mereka dalam jumlah kecil, dan kemudian meningkatkannya ke jumlah moderat.
  • Minuman berkafein seperti kopi dan teh harus dimasukkan dalam jumlah sedang karena sifat diuretiknya. Juga, kelebihan kafein di dalamnya dapat menyebabkan masalah pertumbuhan pada bayi Anda.
  • Jauhi alkohol karena dapat merusak kemampuan Anda memproduksi susu dan mengarah pada masalah perkembangan pada anak Anda.
  • Anda harus memperkenalkan makanan pembentuk gas seperti lentil putih, kacang merah merah, kacang polong, kacang polong, kacang polong hijau dan lainnya secara bertahap. Hindari makanan pembentuk gas lainnya seperti kubis, kembang kol, brokoli, jari wanita dan bawang selama 40 hari pertama.
  • Jangan makan makanan yang digoreng karena sulit dicerna, terutama pada hari-hari pertama setelah melahirkan. Mereka dapat menyebabkan gangguan pencernaan, luka bakar dan gas.
  • Jangan mengambil beras setidaknya selama tiga hingga empat hari setelah kelahiran sesar, terutama jika Anda menderita diabetes. Gula darah tinggi dari beras dapat mengganggu bekas luka dan dapat memperpanjang penyembuhan. Ambil beras merah karena memasok energi dikurangi kalori ekstra.
  • Hindari makanan dan minuman dingin. Mereka mungkin membuat Anda masuk angin. Sebagai ibu menyusui, Anda tidak bisa minum obat karena kedinginan karena dapat masuk ke dalam ASI.

Bolehkah Makan Nanas Setelah Operasi Caesar ?

Bolehkah makan nanas setelah operasi caesar ? pertanyaan sering terlontar apakah boleh makan nanas pasca sesar ? Boleh saja namun dilihat dari kondisi masing – masing tubuh yang berbeda satu dengan yang lain.

Nutrisi yang baik diperlukan untuk mempercepat penyembuhan setelah operasi caesar dan memberi Anda energi yang dibutuhkan. Jaga kebiasaan makan yang baik yang Anda kembangkan saat Anda hamil. Makan makanan tinggi protein, vitamin C, dan zat besi.

Bolehkah Makan Pisang Setelah Operasi Caesar ?

Pisang adalah salah satu buah yang dapat Anda masukkan dalam diet Anda setelah operasi sesar. Keindahan kuning ini memiliki banyak nutrisi yang membantu tubuh Anda untuk pulih lebih cepat. 

Manfaat Makan Pisang Setelah Operasi Caesar

  1. Pisang adalah sumber Potassium terbesar yang merupakan mineral penting untuk masa pemulihan dan juga kemampuan seluruh tubuh bayi Anda untuk berfungsi. Kalium membantu menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit Anda dan juga mengirimkan impuls saraf yang penting, membantu otot berkontraksi, menjaga tekanan darah Anda stabil dan normal serta membantu tubuh melepaskan energi dari protein, lemak, dan karbohidrat.
  2. Vitamin A, C dan seng hadir dalam pisang adalah kunci dalam memperbaiki kulit dan jaringan di bawahnya, serta menjaga sistem kekebalan tubuh Anda bersenandung untuk mengontrol peradangan dan memperbaiki luka secara langsung.
  3. Anda mungkin merasa sembelit kadang-kadang setelah persalinan caesar itu karena tubuh Anda membutuhkan sedikit waktu untuk memulai buang air besar lagi, sehingga untuk membantu memudahkan proses Anda perlu jumlah serat yang cukup yang bisa Anda dapatkan melalui pisang
  4. Magnesium, Folat, dan Besi adalah beberapa unsur penting lainnya yang dibutuhkan tubuh Anda setelah operasi caesar dan pisang adalah cara sempurna untuk mendapatkannya

Pentingnya pemulihan pasca caesar

Sekarang Anda tahu betapa pentingnya pisang mengirim C-section. Berikut ini beberapa cara tentang bagaimana Anda dapat memasukkannya ke dalam diet Anda:

  1. Tambahkan ke yogurt atau es krim Anda dan Anda siap untuk pergi
  2. Haluskan dengan susu dan madu dan Anda memiliki sendiri milkshake madu pisang yang baik
  3. Hancurkan 1 buah pisang, tambahkan madu dan buah beri untuk dimakan dan makan dengan roti panggang Anda
  4. Tambahkan pisang ke oatmeal Anda dan nikmatilah!
  5. Membuat pancake menggunakan pisang dan oatmeal adalah cara lain untuk membuat pisang Anda

Apa yang Harus Dihindari Setelah Operasi Caesar ? (Pasca Bedah Caesar)

  1. Hindari makanan yang bisa sembelit atau banyak memproduksi gas seperti soda, dan sayuran seperti kembang kol, kentang, dll. Karena akan membuat perut Anda menjadi tegang. 
  2. Makanan goreng dan pedas
  3. Makanan dingin dan tidak dimasak
  4. Makanan cepat saji juga harus dihindari
  5. Minuman beralkohol

Makanan lain untuk Makan Setelah Operasi Caesar

  1. Kacang – kacangan

    Ini kaya protein yang membantu pertumbuhan sel-sel jaringan baru yang akan mempercepat proses penyembuhan Anda

  2. Buah dan sayuran kaya vitamin A dan C

    Vitamin A dan C menyediakan jumlah kalsium dan zat besi yang dibutuhkan dan juga membantu memerangi infeksi dan memperkuat kekebalan

  3. Oats

    Ini benar-benar penuh dengan unsur-unsur yang baik, kaya serat dan juga sumber karbohidrat, kalsium, protein, zat besi

  4. Air

    Gerakan buang air besar yang tidak benar dapat memberi Anda waktu yang sangat sulit setelah bedah caesar dan menjaganya agar tetap tidak terganggu sehingga Anda perlu meningkatkan asupan cairan Anda. Sup, teh herbal, air kelapa, susu rendah lemak adalah beberapa varian yang dapat Anda nikmati dari cairan Anda.

Demikian artikel yang membahas 7 Buah Untuk Pemulihan Operasi Caesar Agar Badan Cepat Pulih semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *