Bolehkah naik motor setelah operasi caesar
Blog

Bolehkah Naik Motor Setelah Operasi Caesar, Amankah Untuk Pemulihan Rahim?

Bolehkah naik motor setelah operasi caesar? Ini pertanyaan hampir sering diucapkan pasien kepada dokter.

Aktifitas yang padat menuntut Anda melakukan pekerjaan. Dimana kondisi sehat ataupun kurang sehat. Tak terlepas dari melahirkan dimana kondisi yang masih lemah pun kadang menerobos batas aturan tersebut.

Bolehkah naik motor setelah operasi caesar

Operasi caesar cara persalinan Anda memang riskan terhadap gerakan pada area perut terutama dijahitan dan di waktu kurang dari 3 bulan.

Kondisi tersebut memang tidak dianjurkan oleh dokter akibat bahaya pendarahan hebat di rahim.

Sebenarnya tidak ada aturan baku mengenai kapan seorang ibu boleh melanjutkan naik motor setelah melahirkan.

Setelah enam minggu, ibu yang baru melahirkan bisa melakukan apa saja, namun dengan catatan.

Jika ibu melahirkan normal dan tidak ada komplikasi, maka bisa melakukan beberapa latihan atau olahraga ringan, seperti berjalan-jalan ketika pulang dari rumah sakit.

Jika naik motor Itu sepertinya cukup berisiko karena pada prosesnya ibu yang baru melahirkan duduk di atas beberapa jaringan tisu yang cukup sensitif. Jika Anda mengalami komplikasi atau menjalani operasi caesar, hal itu perlu diperhitungkan juga, berikan tubuh waktu untuk ‘sembuh’.

Jika ibu melahirkan normal, minimal rahim akan membengkak. Setidaknya ibu yang melahirkan normal akan memiliki episiotomi atau robekan sehingga mendapat jahitan. Beberapa wanita mengalami masalah otot perut dan sendi terasa sakit.

Kenapa naik motor setelah operasi caesar terlihat berat?

Karena naik motor, otomatis akan membawa beban yang ekstra berat. Belum lagi masalah payudara yang membengkak karena sudah memproduksi susu sehingga butuh bra olahraga baru.

Semua itu membutuhkan waktu untuk sembuh dan menyesuaikan diri. Tentu ibu yang bijak akan menunggu proses tersebut berjalan dengan baik sebelum kembali bersepeda.

“Perhatian terbesar adalah pada rahim,”. Setelah persalinan, plasenta terlepas dari rahim, menyebabkan pembuluh darah mengalirkan darah ke dalam rahim. Setelah plasenta terlepas, rahim terus berkontraksi mendorong keluar darah.

Selama beberapa hari berikutnya, rahim akan terus menyusut dan tubuh akan mengeluarkan sisa-sisa jaringan tisu dan darah secara bersama-sama yang dikenal sebagai lokia.

Proses tersebut akan jauh semakin ringan pada minggu pertama hingga berhenti sepenuhnya dalam dua sampai empat minggu.

“Rahim adalah panduan yang baik. Jika Anda melakukan pekerjaan terlalu banyak, Anda akan berdarah. Jika demikian, Anda perlu untuk mengurangi beban kerja dan beristirahat lagi.”

Naik motor setelah operasi caesar dengan posisi duduk yang tidak nyaman akan bermasalah?

Tentu saja, Anda juga harus nyaman saat duduk, yang mungkin memakan waktu beberapa minggu jika memiliki episiotomi atau robekan dan jahitan.

“Aku punya jahitan dan duduk di bantal untuk minggu pertama atau lebih, sehingga naik motor tidak masalah,”.

Jika menjalani operasi caesar, maka waktu penyembuhan menjadi lebih lama. “Anda butuh waktu beberapa minggu untuk menyembuhkan sayatan di perut Anda,”.

“Jika tidak, sayatan tersebut berisiko terbuka. Plus, Anda akan berada di situasi yang sangat tidak nyaman saat naik sepeda.”

“Menjalani operasi caesar mengerikan,” bahkan tidak bisa berjalan naik dan turun tangga atau mengangkat sesuatu yang lebih berat dari putriku untuk minggu pertama.”

Merasakan sakit di sekitar perutnya setiap melakukan hal kecil. Kondisi itu dirasakan sekitar tiga sampai empat minggu. Namun delapan minggu kemudian baru dia bisa naik motor kembali.

“Latihan sangat bagus dan saya merekomendasikan hal itu untuk semua orang. Tetapi bagi ibu yang baru melahirkan, Anda perlu memprioritaskan istirahat Anda,”.

“Jika Anda lelah dan harus memilih antara tidur atau berolahraga, pilihlah tidur! Waktu bersepeda akan selalu ada ketika Anda siap untuk melakukannya.”

Bolehkah naik motor setelah operasi caesar dengan hanya membonceng saja?

Dari penjelasan diatas bahwa getaran motor sangat keras dan mengganggu pada area rahim, namun jika sudah merasa kering maka diperbolehkan. Kondisi Anda yang menentukan juga Anda.

Sebetulnya yang perlu ditunggu pasca operasi caesar ialah pemulihan luka dari irisan operasi yang biasanya menyembuh dalam waktu 4-6 minggu bergantung kepada tingkat percepatan pemulihan luka seseorang.

Angka ini tidaklah mutlak namun hanya perkiraan. Demikian pula dengan Anda yang sudah 25 hari dalam masa pemulihan mungkin saja luka sudah pulih sehingga risiko infeksi lebih rendah.

Namun demikian sejatinya kami memang menganjurkan pasien untuk tidak beraktivitas berat seperti misalnya mengendarai motor jarak jauh, hingga tubuh benar-benar pulih yang biasanya memakan waktu hingga 3 bulan.

Hal ini lebih lanjut dapat ditanyakan pada dokter kandungan yang menangani Anda untuk melihat bagaimana perkembangan luka Anda dalam kaitannya dengan aktivitas yang boleh maupun belum boleh dilakukan.

Bolehkah naik motor setelah operasi caesar setelah masa nifas selesai?

Jika setelah melakukan operasi caesar, maka sebaiknya anda jangan melakukan aktifitas terlalu berat terlebih dahulu termasuk mengendarai sepeda motor hingga masa nifas selesai (40 hari).

Tetapi anda dapat melakukan aktifitas ringan, seperti berjalan, dan melakukan pekerjaan ringan lainnya. Dan hindari mengedan yang terlalu berlebihan.

Konsumsi makanan bergizi seperti daging, ayam, telur, ikan, susu sangat penting untuk masa penyembuhan. Selain itu lakukan kontrol rutin ke dokter spesialis kandungan.

Baca Juga : 7 Makanan Pemulihan Operasi Caesar Ini Patut Anda Coba Agar Luka Cepat Kering

Jika Anda melahirkan secara caesar, maka Anda tidak seharusnya bepergian selama satu bulan. Bepergian setelah proses caesar bisa berbahaya bagi luka jahitan yang masih basah dan memerlukan perawatan setiap hari. Jahitannya mungkin akan kering setelah dua hari, namun semua dokter pasti merekomendasikan pada Anda untuk beristirahat setidaknya selama satu bulan. Ini akan menurunkan risiko Anda terkena infeksi atau hernia.

  • Jarak perjalanan

Jika Anda ingin mengunjungi saudara yang berjarak beberapa mil saja dengan bayi yang baru lahir, maka Anda harus selalu waspada. Ada baiknya menunggu dua minggu agar jahitan sedikit kering. Namun jika Anda berencana melakukan perjalanan bisnis yang jauh, maka Anda perlu berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

  • Cara bepergian

Idealnya, orang yang melahirkan secara caesar tidak diperbolehkan untuk naik pesawat selama satu bulan. Ini adalah standar istirahat setelah semua bentuk operasi. Sangat penting untuk beristirahat agar kekuatan Anda kembali setelah melahirkan anak. Masa penyembuhan bisa menyusut menjadi hanya satu minggu jika Anda melahirkan secara normal. Perjalanan darat lebih aman jika dalam perjalanan jarak dekat. Anda tidak seharusnya merencanakan perjalanan jauh segera setelah melahirkan.

  • Bolehkah Naik Motor Setelah Operasi Caesar Jika ada komplikasi

Jika Anda melahirkan dengan cara yang sederhana dan normal, maka tak ada alasan bagi Anda untuk membatasi perjalanan Anda. Namun jika Anda memiliki kehamilan dengan risiko tinggi, atau mengalami komplikasi selama melahirkan, maka Anda harus berkonsultasi pada dokter terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk melahirkan.

Tips Dokter Bolehkah Naik Motor Setelah Operasi Caesar

Mengendarai sepeda motor saya rasa tidak aman untuk setelah operasi caesar pada 6 pekan pertama karena terlalu banyak guncangan dan posisi yang tidak nyaman dalam mengendarai kendaraan, belum lagi resiko terjatuh dari kendaraan beroda dua. Untuk itu disarankan bunda tidak lagi mengendarai sepeda motor selama jahitan hingga sembuh.

Dari penjelasan diatas mengenai pertanyaan bolehkah naik motor setelah operasi caesar? jawabannya adalah tunggu masa nifas selesai dan mengeringnya luka jahitan Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *