Makanan Pemulihan Operasi Caesar
Blog,  Pemulihan Operasi Caesar

7 Makanan Pemulihan Operasi Caesar Agar Luka Cepat Kering

7 Makanan Pemulihan Operasi Caesar Ini Patut Anda Coba Agar Luka Cepat Kering

Makanan Pemulihan Operasi Caesar

Terima kasih telah mengunjungi blog pemulihanoperasicaesar.com, kali ini kita akan membahas tentang 7 Makanan Pemulihan Operasi Caesar Ini Patut Anda Coba Agar Luka Cepat Kering. 

Luka operasi caesar biasanya sembuh lebih lama dibanding luka melahirkan normal. Kenapa demikian? Begini, operasi caesar sendiri adalah proses pembedahan atau menyayat diarea perut dengan maksud untuk mengeluarkan bayi dengan berbagai indikasi. Sedangkan melahirkan normal adalah persalinan dengan alami yang dengan cara membukanya vagina dengan perlahan sehingga robekan hanya terjadi sedikit dan tidak dalam layaknya operasi caesar.

Metode operasi caesar

Makanan Pemulihan Operasi Caesar-cara operasi caesar

Metode melahirkan normal

Makanan Pemulihan Operasi Caesar-cara melahirkan normal

2 ilustrasi diatas hanya contoh penggambaran cara melahirkan dimana itu harus dipikirkan dengan matang bukan mengikuti tren semata. Ada indikasi tidak bisa normal ada juga yang memang sengaja ingin operasi caesar.

Setelah proses persalinan dilakukan maka pikirkan setelahnya. Bagaimana agar cepat sembuh? bukan sekedar melakukan persalinan saja.

Menurut dokter, makanan pemulihan operasi caesar adalah kunci utama agar cepat pulih setelah persalinan. Namun bukan berarti asal mengonsumsi secara asal-asalan namun juga harus diperhatikan secara maksimal.

Berikut rekomendasi tentang 7 Makanan Pemulihan Operasi Caesar Ini Patut Anda Coba Agar Luka Cepat Kering :

rekomendasi makanan pemulihan operasi caesar

  1. Makanan dengan serat tinggi.
  2. Makanan yang gampang dicerna
  3. Makanan dengan protein tinggi
  4. Buah dengan vitamin C
  5. Sayur kaya dengan zat besi
  6. Makanan dengan kalsium tinggi
  7. Buah dengan vitamin A

Nutrisi yang baik diperlukan untuk mempercepat penyembuhan setelah operasi caesar dan memberi Anda energi yang dibutuhkan. Jaga kebiasaan makan yang baik yang Anda kembangkan saat Anda hamil.

Makan makanan makanan pemulihan operasi caesar seperti tinggi protein, vitamin C, dan zat besi. Protein membantu proses penyembuhan dan diperlukan untuk pertumbuhan jaringan baru.

Vitamin C memainkan peran penting dalam penyembuhan dan melawan infeksi. Besi membantu sistem kekebalan tubuh dan diperlukan untuk hemoglobin. Tubuh Anda kehilangan zat besi ketika kehilangan darah.

Makanan Pemulihan Operasi Caesar Setidaknya 20% Kebutuhan Harian Anda

Makanan Pemulihan Operasi Caesar Setidaknya 20% Kebutuhan Harian Anda

Makanan pemulihan operasi caesar seperti tinggi protein, vitamin C, atau zat besi jika Anda memenuhi setidaknya 20% dari kebutuhan harian Anda dengan memakan satu porsi makanan itu. Membaca fakta-fakta nutrisi pada label makanan pemulihan operasi caesar akan membantu Anda mempelajari makanan pemulihan operasi caesar mana yang tinggi protein, vitamin C, dan zat besi.

Makanan tinggi protein adalah daging, ikan, ayam, telur, makanan olahan susu, kacang, kacang kering, dan kacang polong. Makanan tinggi vitamin C adalah jeruk, grapefruits, stroberi, melon, dan pepaya. Makanan tinggi zat besi adalah daging merah, hati, kacang kering, buah kering, dan sereal yang diperkaya zat besi.

Penting untuk minum banyak cairan. Minum cairan membantu mencegah dehidrasi dan sembelit. Minumlah 8 hingga 10 gelas cairan delapan ons setiap hari, termasuk susu rendah lemak, jus buah tanpa pemanis, dan terutama air. Jika Anda menyusui, sertakan setidaknya 4 gelas susu rendah lemak atau jus yang diperkaya kalsium atau makan yogurt rendah lemak untuk mendapatkan cukup kalsium dan untuk meningkatkan suplai ASI Anda.

Jika Anda sedang menyusui. Minum cairan ekstra penting jika Anda menyusui. Minumlah 8 hingga 12 gelas cairan delapan ons setiap hari, terutama jus, susu rendah lemak, air, dan sup. Perawatan dapat membuat Anda haus jadi simpan segelas besar air di dekatnya.

Pemulihan operasi caesar berapa lama , tergantung apa yang Anda makan sehari-hari dan kondisi kebugaran fisik Anda.

Tambahkan 500 kalori ekstra ke diet yang biasanya Anda makan setiap hari jika Anda tidak hamil. Atau, tambahkan 200 kalori untuk diet kehamilan Anda. Ekstra kalori dan cairan diperlukan untuk membuat susu berkualitas tinggi. Anda dapat menambahkan kalori ekstra dengan minum jus buah ekstra dan susu rendah lemak. Juga, usahakan untuk memasukkan makanan yang kaya vitamin A seperti sayuran hijau, melon, wortel, dan ubi jalar.

Vitamin Dan Suplemen Besi

Vitamin Dan Suplemen Besi

Dokter Anda mungkin ingin Anda tetap minum vitamin pranatal dan pil zat besi Anda selama 6 minggu pertama. Besi dapat mengganggu perut Anda jika Anda meminum lebih dari satu pil besi dalam satu waktu. Dibutuhkan sekitar 6 bulan bagi tubuh Anda untuk memulihkan pasokan zat besi.

Jika Anda menyusui bayi Anda, Anda dapat mengonsumsi vitamin yang dijual bebas dengan zat besi selama 6 bulan. Jika Anda sedang menyusui, dokter Anda mungkin meminta Anda mengonsumsi vitamin prenatal selama Anda menyusui.

Gerakan usus

Gerakan-usus

Adalah normal untuk takut bahwa mengejan saat buang air besar akan menyebabkan rasa sakit dari jahitan Anda atau wasir. Anda dapat membuat gerakan usus lebih mudah dengan minum banyak cairan dan makan banyak serat. Makan lebih banyak porsi buah-buahan segar, sayuran, dan sereal bekatul atau roti yang tinggi seratnya.

Makanan tinggi serat menyebabkan rangsangan usus normal. Berjalan juga mempercepat kembalinya fungsi usus dan kandung kemih normal.

Konstipasi tidak jarang dan dapat terjadi akibat wasir, pembengkakan perineum, takut memiliki gerakan usus, atau sebagai efek samping dari beberapa obat (narkotika).

Juga, hilangnya tonus otot di perut Anda dapat membuat lebih sulit bagi Anda untuk memindahkan isi perut Anda. Jika Anda memiliki masalah dengan sembelit atau memindahkan usus Anda, atau Anda tidak memiliki gerakan usus pada hari ke-3, hubungi dokter Anda.

Dokter Anda mungkin memesan pelunak kotoran, enema, atau supositoria. Hindari obat pencahar yang membuat bangku Anda sangat kendur atau berair. Tinja yang longgar bisa mendapatkan jahitan Anda lebih mudah daripada bangku lunak. Juga, tinja dapat mengiritasi kulit.

Melakukan sedikit olahraga seperti berjalan kaki juga dapat membantu mengatasi sembelit.

Berat Badan

berat badan

Ibu-ibu baru di TV mendapatkan kembali sosok mereka. Dalam kehidupan nyata butuh waktu lebih lama! Aturan praktis yang baik adalah “9 bulan ke atas, 9 bulan ke bawah.” Anda akan kehilangan sekitar 12-13 poundsterling dengan kelahiran bayi Anda dan 5 pon lagi dari kehilangan cairan normal pada hari ke-5.

Berat badan biasanya turun setelah 6 minggu pertama, ketika Anda harus kembali ke berat badan normal. Ibu menyusui biasanya menurunkan berat badan lebih cepat daripada ibu yang tidak menyusui.

Karena nutrisi sangat penting untuk penyembuhan, dokter Anda mungkin ingin Anda menunggu sampai setelah pemeriksaan pasca persalinan Anda untuk memulai diet penurunan berat badan.

Hindari menambahkan berat yang tidak diinginkan saat tingkat aktivitas Anda rendah. Hindari junk food atau makanan tinggi kalori dan rendah nilai gizinya. Crash diet atau pil yang menjanjikan penurunan berat badan cepat tidak sehat untuk Anda dan bayi Anda jika Anda menyusui.

Namun, tidak apa-apa untuk mengurangi jumlah lemak dalam makanan Anda. Rutinitas rutin latihan terus menerus selama setengah jam setiap hari adalah cara paling aman untuk menurunkan berat badan.

Makanan apa yang Harus Dihindari Setelah Operasi Caesar?

Makanan apa yang Harus Dihindari Setelah Operasi Caesar

Bagian operasi caesar, kegiatan Anda yang biasa dibatasi karena Anda disarankan untuk beristirahat. Karena Anda tidak akan dapat melakukan banyak aktivitas fisik, penting untuk mengontrol apa yang Anda makan dan hindari mengonsumsi apa pun yang akan memakan waktu lama untuk mencerna dan meningkatkan kelelahan. Juga, untuk menyembuhkan dari stres persalinan, tubuh membutuhkan makanan bergizi dan ringan yang melengkapi tubuh dengan mineral yang diperlukan dan membantu menghindari dampak buruk. Sama seperti daftar makanan yang disarankan, ada makanan yang harus dihindari setelah melahirkan.

  • Hindari makanan pedas karena mereka dapat menyebabkan masalah lambung dan bayi mungkin juga mendapatkan rasa di dalam susu.
  • Minuman berkarbonasi dan jus jeruk tidak boleh dikonsumsi karena dapat menyebabkan gas.
  • Konsumsi minuman berkafein seperti kopi dan teh harus dibatasi karena ini adalah diuretik dan kafein dapat menyebabkan masalah dalam pertumbuhan bayi.
  • Alkohol harus dihindari karena dapat mengganggu kemampuan ibu untuk menyusui dan mengganggu pertumbuhan dan perkembangan bayi.
  • Jauhi makanan yang membentuk gas. Makanan seperti urad dal, chola, chawali, rajma, channa, besan, acar, kacang hijau, kacang polong kering dan sayuran seperti kembang kol, kubis, bhindi, brokoli dan bawang harus dihindari setidaknya selama 40 hari sejak hari pengiriman.
  • Makanan dingin dan tidak dimasak harus dikeluarkan dari menu.
  • Makanan yang difermentasi, digoreng, dan cepat harus dihindari sepenuhnya.
  • Hindari ghee dan beras untuk 3-4 hari pertama setelah bagian ac.

Tips Penting untuk Mendapatkan yang Terbaik dari Diet Pasca Kelahiran Anda

Tips Penting untuk Mendapatkan yang Terbaik dari Diet Pasca Kelahiran Anda

Berikut adalah beberapa tips dasar yang harus diingat sehubungan dengan diet Anda untuk mendapatkan yang terbaik dari apa yang Anda makan:

  • Alih-alih mengonsumsi tiga kali makan berat di siang hari, sebarkan makanan Anda sepanjang hari dan cobalah makan lima hingga enam porsi kecil setiap hari.
  • Pertahankan jarak waktu dua jam antara waktu makan. Jika Anda merasa lapar, camilan beberapa buah atau kacang untuk sementara.
  • Makanlah dengan santai. Luangkan waktu untuk mengunyah makanan dengan benar sebelum menelan, alih-alih meneguknya sekaligus. Mintalah anggota keluarga Anda untuk menjaga bayi Anda sementara itu agar Anda dapat memiliki makanan yang damai.
  • Tidur sebisa mungkin. Tidur yang baik mungkin sulit dengan bayi yang baru lahir di sekitar, tetapi pastikan untuk tidur siang sesering saat tidur akan membantu tubuh Anda memperbaiki dan menyembuhkan lebih baik dan lebih cepat.
  • Hindari makanan yang tidak dimasak di rumah. Hanya konsumsi makanan rumah dan termasuk banyak bahan-bahan segar dalam makanan Anda.

Periode setelah pengiriman bagian operasi caesar bisa sulit dan menantang. Penting untuk menjaga kontrol pada diet untuk mempercepat pemulihan.

Diet yang baik dan bergizi dapat membantu Anda memulihkan diri dari operasi dan membuat Anda dan bayi Anda sehat.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *