minum es setelah operasi caesar
Blog

Aman Ngga Sih Saat Pemulihan Minum Es Setelah Operasi Caesar?

Minum es setelah operasi caesar tidak dianjurkan dokter loh. Kenapa bisa begitu? Begini penjelasannya yang lebih rinci. Yuk Simak Selengkapnya…

Ada banyak hal yang harus dan tidak boleh dilakukan ketika menyangkut kehamilan, persalinan, dan periode pasca operasi. 

Beberapa di antaranya adalah mitos, tanpa banyak bukti ilmiah, namun diwariskan dari generasi ke generasi. Beberapa dari pembicaraan ini faktual dengan penjelasan ilmiah yang cukup. 

minum es setelah operasi caesar

Salah satu instruksi pertama yang paling mungkin diberikan ibu atau nenek Anda setelah Anda melahirkan adalah hanya minum air hangat dan minuman hangat dan menghindari air dingin atau minuman dingin. 

Bagaimana jika Anda melahirkan bayi saat musim panas yang panas? Cukup alami bagi Anda untuk menginginkan air dingin atau jus dingin, susu dingin, buttermilk dingin, dll.

Tetapi bisakah Anda minum air dingin setelah melahirkan? Ada reaksi beragam mengenai pertanyaan ini dan artikel ini dapat membantu Anda mendapatkan beberapa pencerahan mengenai masalah ini.

Mengapa Minum Air Dingin Setelah Operasi Caesar Tidak Baik?

Tidak banyak penelitian yang dilakukan mengenai hal ini sehingga tidak ada bukti substansial untuk membuktikan bahwa air dingin tidak baik setelah melahirkan. Tetapi Anda mungkin telah diberitahu untuk hanya minum air hangat setelah melahirkan karena alasan berikut:

  • Alasan utama untuk melakukan advokasi terhadap air dingin setelah melahirkan adalah keyakinan bahwa air hangat dan minuman hangat mempercepat pemulihan karena panas selalu dikaitkan dengan proses penyembuhan
  • Alasan lain untuk mendorong minum air hangat adalah bantuan panas dalam menyusutnya rahim ke ukuran aslinya. Air dingin diyakini menunda proses ini
  • Selain itu, minum air dingin dipercaya dapat menyebabkan infeksi seperti pilek dan batuk. Sampai taraf tertentu, ini bisa benar untuk beberapa orang yang sensitif terhadap segala kondisi dingin dan dingin. Tetapi di banyak negara, wanita telah minum air dingin setelah melahirkan tanpa efek berbahaya
  • Air dingin bersama dengan makanan dapat mempengaruhi pencernaan yang tepat dan dapat menghasilkan pembentukan gas. Sangat menyakitkan untuk mengembangkan gas, terutama setelah bedah caesar

Dapatkah Saya Minum Air Dingin Setelah Melahirkan Normal?

Air memainkan peran penting selama periode pascapartum juga seperti yang terjadi selama kehamilan. Penting untuk mengkonsumsi sekitar 12 gelas air saat Anda menyusui bayi Anda. 

Air penting untuk menjaga ibu menyusui terhidrasi. Ini memainkan peran penting dalam produksi ASI dan mencegah sembelit pada ibu menyusui. Sembelit setelah kelahiran normal, yang membutuhkan episiotomi bisa sangat menyakitkan. 

Jika Anda tidak suka minum air panas, pada akhirnya akan mengurangi asupan air Anda. Ini dapat mempengaruhi kesehatan bayi yang sedang tumbuh karena ia tidak akan mendapatkan ASI yang memadai yang diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangannya.

Namun, terlepas dari semua argumen terhadap minum minuman dingin dan air setelah melahirkan, tidak ada bukti bahwa suhu air penting dalam proses penyembuhan setelah melahirkan. 

Oleh karena itu, jika Anda telah melahirkan bayi Anda di musim panas yang terik dan Anda mendambakan air dingin untuk menyegarkan diri dalam panas, pergilah dan manjakan diri. 

Jangan merasa bersalah karena mengonsumsi air dingin asalkan tidak terlalu dingin terutama jika Anda menggunakan AC.

Apakah Minum Air Dingin Mempengaruhi Bayi Saya?

Tak pernah. Minum air dingin tidak akan mempengaruhi bayi Anda. ASI Anda akan tetap hangat dan antibodi yang Anda berikan pada bayi melalui ASI akan melindunginya dari segala jenis infeksi.

Kapan Saya Bisa Mulai Minum Air Dingin Setelah Operasi Caesar?

Metodologi standar setelah bedah caesar adalah tidak memberi ibu sesuatu untuk diminum sampai dokter dapat melihat seberapa baik pasien menyesuaikan diri dengan obat pasca operasi. 

Setelah dokter memberikan sinyal hijau untuk minum air, Anda dapat mulai minum air putih (dingin atau hangat seperti yang Anda inginkan) dan juga minuman yang tidak diangin-anginkan. 

Air sangat penting untuk proses penyembuhan pasca bedah caesar. Ini membantu untuk meningkatkan produksi ASI selama menyusui, mencegah sembelit dan bahkan dapat membantu bagi mereka yang mencoba menurunkan berat badan bayi

Air dapat membantu menekan nafsu makan seseorang dan memiliki 2 gelas air sebelum makan Anda dapat membantu Anda dengan rezim penurunan berat badan Anda.

Apakah Minum Air Dingin Setelah Melahirkan Memperlambat Pemulihan?

Meskipun begitu banyak spekulasi terhadap minum air dingin setelah melahirkan, tidak ada bukti ilmiah yang mendukung teori ini. 

Satu-satunya hal yang harus diwaspadai adalah memastikan bahwa Anda menyesap air minum murni yang tidak terlalu dingin terutama jika cuaca di luar dingin. 

Jika Anda pernah mengalami masalah kesehatan setiap kali Anda minum minuman dingin, lebih baik untuk menghindarinya setidaknya selama masa pemulihan setelah melahirkan.

Jelas, keyakinan bahwa meminum air dingin setelah melahirkan tidak aman adalah tidak benar. Itu hanyalah dongeng istri tua. 

Air terlepas dari suhunya sangat penting untuk ibu menyusui karena tubuh Anda membutuhkan banyak cairan untuk produksi ASI yang tepat. 

Memiliki ASI yang adekuat sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang tepat. 

Jadi teruskan agar Anda terhidrasi! Jika Anda masih khawatir untuk minum air dingin, sebaiknya konsultasikan dengan dokter Anda dan pahami apa pilihan yang tepat untuk Anda. 

Apakah kamu juga diberitahu untuk tidak memiliki air dingin setelah melahirkan? Apakah Anda mengonsumsi air dingin setelah melahirkan? Apakah itu memiliki efek samping pada Anda? Bagikan pengalaman Anda di bagian komentar di bawah ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *