Tips Pemulihan Pasca Operasi Caesar
Blog,  Pemulihan Operasi Caesar,  Tips Pemulihan Pasca Operasi Caesar

Tips Pemulihan Pasca Operasi Caesar, 18 Cara Penyembuhan Luka

Tips Pemulihan Pasca Operasi Caesar

Tips pemulihan pasca operasi caesar ini akan bermanfaat setelah Anda operasi sesar. Dengan cara tepat dan cepat ini berguna untuk mempercepat penyembuhan luka operasi Anda.

Anda pernah menjalani operasi caesar? Pemulihan pasca operasi caesar mungkin sedikit membutuhkan tenaga dan waktu yang ekstra.

Rasa sakit akan muncul saat setelah bius sudah hilang. Anda akan meringis kesakitan beberapa hari atau bulan kedepan.

Sebagian para ibu pasti menginginkan persalinan normal bukan operasi caesar. Karena rasa sakit setelahnya itu. Jika normal rasa sakit jauh lebih sedikit ketimbang operasi.

Bukan tanpa resiko, operasi caesar memiliki resiko yang mengancam Anda. Alergi, pendarahan dan lain sebagainya.

Anda ingin pulih cepat setelah operasi caesar?

Tips pemulihan pasca operasi caesar dengan cara sehari-hari

Minum Obat Pasca Operasi Caesar

Ternyata banyak para Ibu yang tidak suka mengonsumsi obat setelah operasi caesar ini. Biasanya setelah sampai dirumah, para Ibu tidak mau mengonsumsi karena malas. Padahal inilah yang mempercepat proses penyembuhan lukanya.

Ambilah obat pereda nyeri pasca operasi caesar dan minumlah dijam yang telah ditentukan oleh dokter Anda. Itu berguna sekali untuk meredakan sakitnya.

Dan jika dirasa Anda mempercayai Herbal maka boleh saja mengonsumsi asalkan sudah berkonsultasi kepada dokter Anda terlebih dahulu.

Setelah operasi caesar, normal mengalami nyeri hingga dua minggu, meskipun Anda akan merasa lebih baik setiap hari.

Dokter Anda mungkin akan meresepkan obat anti-radang seperti ibuprofen dan obat nyeri narkotik.

“Kebutuhan obat nyeri sangat normal dan penting untuk mengambilnya dan tidak melupakan rasa sakit karena kadang-kadang sulit untuk kembali ke jalurnya,” kata Dr. Nicole P. Scott, OB-GYN bersertifikat di Indiana University Health di Indianapolis dan asisten profesor kebidanan dan ginekologi di Indiana University School of Medicine.

Bangun dari Tempat Tidur

Percaya atau tidak, bangun sesegera mungkin dan bergerak, meski hanya sedikit, dapat membantu Anda pulih lebih cepat. Jangan malas ya…

Ini dapat membantu Anda merasa lebih baik secara fisik maupun emosional. Pastikan Anda bangun dengan bantuan orang lain beberapa kali pertama, karena Anda belum kuat berdiri.

Setelah Anda dapat melakukan jalan ke kamar mandi, pertimbangkan untuk berjalan di sekitar rumah.

Berjalan perlahan, yang dicari bukan kecepatan saat jalan, tetapi hanya pergerakan otot-otot agar tidak kaku.

Buat Kamar Anda Menjadi Lengkap

Setelah Anda pulang dan memulihkan diri, pastikan untuk merancanag kamar Anda selengkap mungkin.

Dengan semua yang Anda perlukan: telepon Anda, obat-obatan, botol air, buku, remote TV, dll.

Tujuannya ketika Anda tidur, tidur di dekat bayi dengan tidak perlu pergi-pergi mencari sesuatu tersebut.

Jika dirasa memungkinkan maka sedia makanan yang Anda. Ingat, makanan bergizi juga akan membantu Anda pulih.

Sediakan Bantal Kecil

Gunakan bantal untuk membatasi gerakan jahitan Anda saat berdiri selama beberapa hari pertama, atau ketika Anda batuk atau tertawa.

Ini dapat mengurangi rasa sakit dan membantu Anda merasa lebih stabil. Kemudian bantal dapat berguna untuk membantu memposisikan bayi untuk menyusui.

Tetap Tenang

Ingat, Anda baru saja melahirkan bayi dengan operasi caesar. Anda perlu meningkatkan tingkat aktivitas Anda, namun sangat lambat selama 6 sampai 8 minggu ke depan.

Jangan mengangkat apa pun yang lebih berat dari bobot berat bayi Anda. Dan jangan mulai berolahraga sampai Anda mendapatkan kesembuhan yang jelas dari dokter Anda.

Juga ingat bahwa meskipun bayi Anda lahir melalui perut Anda, Anda masih akan mengalami perdarahan pada vagina. Jika Anda melakukan terlalu banyak gerakan berat kadang-kadang Anda akan melihat peningkatan jumlah perdarahan.

Sepatu Kompresi

Ini adalah sepatu plastik yang menutupi kaki bawah Anda dan meremas kaki Anda untuk membantu aliran darah kembali lebih cepat ke jantung.

Ini sering digunakan setelah bedah caesar untuk membantu mencegah deep vein thrombosis (DVT). Jika Anda bangun dan bergerak, ini biasanya dapat dihentikan.

Jangan ragu untuk meminta bantuan dan dukungan. Kadang-kadang wajah yang ramah dan telinga yang mendengarkan bisa sangat membantu pemulihan pasca operasi caesar Anda.

Anda juga harus memastikan bahwa Anda sembuh dengan benar setelah operasi caesar.

Pernah operasi caesar dapat berdampak pada kehamilan di masa depan, tetapi pemulihan pasca operasi caesar yang sehat dapat membantu meminimalkan proses tersebut.

Minum Probiotik

Antibiotik yang Anda berikan selama operasi dapat menghapus bakteri sehat di usus Anda. Bicarakan dengan dokter Anda tentang mengonsumsi suplemen probiotik yang dapat membantu memulihkan usus yang sehat yang dapat mencegah diare dan meningkatkan kekebalan dan kesehatan secara keseluruhan.

Perawatan untuk Jahitan

Kemungkinan besar Anda akan memiliki jahitan yang akan kering  dengan sendirinya tetapi Anda harus menjaga kebersihannya.

Jagalah agar area  jahitan tetap kering dan jika Anda merasakan kehangatan, kemerahan atau peningkatan rasa sakit, hubungi dokter Anda karena sayatan bisa terinfeksi.

Sementara juga hindari kolam renang dan kolam air panas untuk alasan yang sama.

Tanyakan dokter Anda tentang teknik pemijatan yang dapat membantu mengurangi rasa sakit, meningkatkan penyembuhan dan mendorong otot perut untuk bekerja lebih efisien, kata Marianne Ryan, seorang ahli terapi fisik di New York City dan penulis buku “Baby Bod: Turn Flab to Fab dalam 12 Minggu Datar.”

Mulai Berjalan

Segera setelah dokter memberi Anda lampu hijau, Anda harus turun dari tempat tidur dengan sedikit bantuan.

Mulailah dengan berjalan-jalan pendek dan hingga 30 menit setelah Anda pulang selama beberapa hari.

Jalan kaki akan meningkatkan sirkulasi, yang akan mengurangi risiko Anda untuk pembekuan darah, membantu dengan fungsi usus dan meningkatkan kemampuan tubuh Anda untuk menyembuhkan.

“Semua proses di dalam tubuh dipercepat oleh latihan,” kata Mary Beth Knight, ahli kebugaran di Cincinnati, Ohio dan penulis “Strategi untuk Bagian C Ibu: Panduan Kebugaran, Nutrisi, dan Gaya Hidup Lengkap.”

Makan dengan Benar

Nutrisi juga sangat penting untuk penyembuhan. Fokus pada makan makanan yang anti-inflamasi dan memiliki vitamin C, seperti buah beri, kale dan brokoli.

Vitamin C mendukung produksi kolagen, protein yang membantu memperbaiki jaringan. Makanan yang kaya asam lemak omega-3 seperti kacang dan biji juga anti-inflamasi.

Batasi daging merah yang bersifat peradangan dan makan ayam dan salmon, karena mengandung asam amino yang membentuk protein yang membuat jaringan.

Melawan sembelit

Hormon kehamilan dikombinasikan dengan obat penghilang rasa sakit yang dapat menyebabkan sembelit. Sering juga akan memberi tekanan pada sayatan dan menyebabkan rasa sakit.

Cobalah toilet atau menopang kaki Anda di atas blok yoga yang akan meluruskan sudut kolorektal, alih-alih mengentalkannya sehingga gerakan usus Anda akan lebih mudah, kata Ryan.

Makan makanan kaya serat, minum banyak air dan tanyakan penyedia Anda tentang menggunakan pelunak kotoran.

Menyusui dengan Dukungan

Jika Anda menyusui, penting bahwa Anda membawa bayi Anda dekat dengan Anda dan duduk di kursi jika memungkinkan.

Membungkuk ke depan akan membatasi jumlah oksigen yang dibutuhkan tubuh Anda yang tidak hanya meningkatkan kelelahan Anda, tetapi juga akan mencegah Anda melatih kembali otot abdominis transversa dan fasia, jaringan ikat yang menahan otot perut Anda bersama-sama.

“Jika Anda membungkuk, Anda mengatakan kepada tubuh Anda bahwa ini sekarang adalah posisi baru yang harus diingat dan membuat Anda tetap di dalam,” kata Knight.

Lupakan Korset Perut

Setelah bedah caesar, Anda akan diberikan pengikat perut yang memberikan kompresi berkelanjutan yang dimaksudkan untuk membantu meringankan rasa sakit.

Namun pengikat ini mengambil alih kerja otot perut yang akan membuat mereka lemah dari waktu ke waktu, kata Ryan.

Bahan pengikat juga dapat memberi tekanan pada organ panggul dan meningkatkan risiko inkontinensia urin dan prolaps organ panggul.

Sebagai gantinya, carilah pakaian dalam kompresi yang akan mengurangi rasa sakit dan bengkak tanpa menyebabkan masalah lain.

Jangan Angkat Barang Berat

Selama dua minggu pertama setelah Anda melahirkan, jangan angkat apa pun yang beratnya lebih dari 20 pon.

Anda kemudian dapat meningkatkan aktivitas Anda selama Anda tidak memiliki rasa sakit. Jika memungkinkan, mintalah seseorang membawa bayi Anda dan dorong bayi ke atas bantal atau bantal menyusui untuk disusui.

Hindari Panik

“Ada tujuh lapisan jaringan yang terganggu dipotong atau dipindahkan selama operasi caesar dan tubuh Anda perlu memulihkannya dan memperbaiki urutan dari bawah ke atas,” kata Knight.

Namun setiap gerakan yang mendorong otot perut ke depan seperti panik sebelum otot perut dan fasia diperbaiki dapat menyebabkan hernia. Sebagai gantinya, cobalah latihan seperti papan dan jembatan yang dimodifikasi, kata Knight.

Mulai Nikmati Seks

Wanita yang melahirkan melalui operasi caesar dua kali lebih mungkin mengalami hubungan seksual yang menyakitkan 18 bulan setelah melahirkan dibandingkan dengan wanita yang melahirkan melalui vagina, sebuah penelitian di BJOG: Sebuah Jurnal Obstetri dan Ginekologi Internasional ditemukan.

Tidak hanya dapat menyebabkan stres pada otot-otot panggul, tetapi jaringan parut dari sayatan dapat mengurangi mobilitas organ panggul, yang dapat menyebabkan otot dan nyeri otot, kata Ryan.

Untuk mencegah seks yang menyakitkan, curahkan banyak waktu untuk pemanasan dan gunakan pelumas. Tongkat pijat lantai panggul juga bisa menghilangkan rasa nyeri. Namun jika nyeri berlanjut, carilah pengobatan dari ahli terapi fisik wanita.

Minta Bantuan

Meskipun Anda perlu merawat bayi Anda, sadarilah bahwa tubuh Anda juga perlu disembuhkan. Jika Anda tidak mendapatkan bantuan, Anda akan kehabisan tenaga dan itu akan mengambil tubuh Anda lebih lama untuk pulih.

Mintalah pasangan Anda, seorang anggota keluarga atau teman untuk membantu belanja bahan makanan, tugas dan kebersihan sehingga Anda dapat fokus pada bayi dan kesehatan Anda sendiri.

Dapatkan Dukungan Emosional

Apakah operasi caesar Anda direncanakan atau tidak, biasanya Anda merasa kecewa atau sedih dengan pengalaman kelahiran Anda.

Terlebih lagi, beberapa penelitian menunjukkan bahwa wanita lebih mungkin menderita depresi setelah menjalani operasi caesar.

Jangan menderita dalam diam. Carilah kelompok dukungan online atau pribadi untuk ibu baru atau berbicara dengan teman tentang perasaan Anda.

Ketika Anda menjadikan diri Anda prioritas, Anda akan menjadi ibu yang lebih baik untuk bayi Anda juga.

Tips pemulihan pasca operasi caesar dengan cara alami

Herbal merupakan solusi terkini yang mulai menjadi prioritas. Sejak ratusan tahun yang lalu, nenek moyang bangsa Indonesia telah terkenal pandai meracik jamu dan obat tradisional. Beragam jenis tumbuhan, akar-akaran, dan bahan-bahan alamiah lainnya diracik sebagai ramuan jamu untuk menyembuhkan berbagai penyakit.

Ramuan-ramuan itu digunakan pula untuk menjaga kondisi badan agar tetap sehat, mencegah penyakit, dan sebagian untuk mempercantik diri. Kemahiran meracik bahan-bahan itu diwariskan oleh nenek moyang secara turun temurun, dari satu generasi ke generasi berikutnya.

Berikut tipsnya :

  1. Kompres dengan air hangat
  2. Konsumsi makanan bervitamin A, dan C
  3. Konsumsi makanan kaya akan zinc
  4. Konsumsi ikan kutuk (jika tidak ingin repot maka bisa mengonsumsi Kapsul Kutuk Premium)

Demikian artikel yang Kami buat semoga bisa membantu mengatasi permasalahan Anda

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *